Jumat, 25 November 2016

PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN

Nama/NIM           : I Putu Deva Jayantha Putra/1605551095
Mata Kuliah          : Pengantar Sistem dan Teknologi Infomasi  (A)
Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
Jurusan/ Fakultas / Perguruan Tinggi :
Teknologi Informasi / Teknik /Universitas Udayana


1.1 Pendahuluan

Komputer tidak lepas dari kebutuhan setiap manusia  saat ini . Komputer dapat di program untuk menyeselesaikan pekerjaan manusia. Manusia menulis program sedangkan komputer menjalakan program tersebut.  Meskipun aplikasi komersil sudah banyak  untuk membantu pekerjaan manusia, namun program membuat program sendiri untuk kebutuhan spesifik tetap diperlukan . Program komersil tidak dapat menyelesaikan persoalan yang bermacam-macam, spesifik, dan kompleks


2.1 Bahasa Pemograman
Bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan prilaku dari sebuah mesin , biasanya berupa mesin komputer dan digunakan untuk memberitahu komputer tentang apa yang harus dilakukan . Berikut beberapa yang termasuk didalam bahasa pemrograman;

2.1.1   Algoritma
Didalama kehidupan sehari hari tentu saja kita mengalami suatu persoalan hidup tentu saja persoalan tersebut tidak kita biarkan begitu saja . Bila terdapat persoalan tentu saja kita mencoba untuk menyelesaikan nya dengan memecahkan masalah . kita katakana langkah-langkah mengurutkan itu sebagai penyelesaian atau memecahkan masalah (problem solving). Prosedur yang berisi langkah – langkah penyelesaian persoalan tersebut adalah algoritma

Algortima adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan .Contoh algoritma di kehidupan sehari-hari memasak didalam  menulis surat
  1. Mengambil HP
  2. Pilih Menu -> Pesan
  3. Pilih  tulis baru
  4. Ketikkan pesan yang mau dikirimkan
  5. Setelah selesai, pilih lanjutkan untuk memasukan/memilih no tujuan
  6. Klik OK untuk mengirim.

2.1.2 Syntax
Syntax mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/urutan dari pemilihan suatu kata dasar. Syntax mengatur cara mengkombinasikan kata-kata tersebut ke dalam suatu statement dengan bentuk yang benar sehingga dapat disusun suatu program yang dapat berjalan dengan benar. Syntax menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk kominikasi antara programmer dan pemroses bahasa pemrograman, sehingga mempermudah pembuatan suatu program Syntax dari bahasa pemrograman didefinisikan dengan dua kumpulan aturan, yaitu aturan lexical dan aturan syntactic.

Aturan leksikal menspesifikasikan kumpulan karakter yang terdapat dalam alfabet dari bahasa dan cara supaya karakter-karakter tersebut dikombinasikan ke dalam kata-kata yang valid dan dapat diterima. Contoh adalah bahasa Pascal yang tidak memperhatikan huruf besar dan huruf kecil, sedangkan bahasa C dan Ada memperhatikan dan membedakan hal tersebut.

2.1.3  Inteprenter Pustaka 
Intepreter merupakan perangkat lunak yang mampu mengeksekusi kode program yang kita buat selanjutnya menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer, sedangkan pustaka merupakan  suatu library standar yang terdapat  pada bahasa pemrograman yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program. Contohnya pada program C, C++, dan Java.  Didalam membuat program kita perlu memahami Intepreter dan pustaka agar kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.

2.1.4 IDE & OS  
IDE (Integrated Development Environmentmerupakan  program komputer yang digunakan pembuat suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. didalam menggunakan aplikasi IDE tersebut merupakan dukungan dari OS Komputer yang kita gunakan didalam membuat suatu program .

2.2 Modal Pemrograman

Didalam membut kita harus memperhatikan model yang digunakan.  Terdapat 2 model pemrogram yaitu

2.2.1  Struktural 

Suatu pemrograman yang disusun terstruktur dengan memperhatikan langkah-langkah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Didalam modal pemrograman struktural terdapat fuction dan procedure . Sebagai berikut
  • Fuction merupakan modul program yang mengembalikan / memberikan (return) sebuah nilai yang bertipe sederhana. Tipe data sederhana; interger, real , boolean dan string. Nilai yang diberikan fungsi tergantung nilai parameter masukannya. Fungsi diakses dengan memanggil namanya (sama seperti prosedur). Fungsi dapat mengandung parameter formal berjenis parameter masukan.  Fungsi harus dideklarasikan dengan tipenya atau jenis hasilnya.
  • Procedure merupakan suatu rutin yang melakukan proses tertentu tanpa adanya pengembalian nilai. Pendefenisian prosedur meliputi : Menuliskan nama prosedur, mendeklarasikan nama-nama konstanta, tipe dan menjabarkan rangkaian aksi yang dilakukan.
2.2.2 Object Oriented 
Object-oriented programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Bahasa yang menggunakan oject oriented seperti Java, C++, Delphi, C, Phyton, PHP, Pascal. Berikut akan dijelaskan mengenai Object dan Class
  • Class  merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Class init digunakan untuk mengidenfikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi. Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Sedangkan objek pada sisi yang lain.
  • Object membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek.
2.3 Peran
Didalam bahasa pemrograman didalam menjalan atau membuat program tentu saja terdapat berbagai peran  utama didalam nya. Peran tersebut membangun agar tercapai nya suatu program atau berhasil menjalankannya. Adapun beberapa peran -peran didalam bahasa pemrograman sebagai berikut .

2.3.1 Jaringan Komputer 

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan melalui media fisik / non fisik (wireless) dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut. Pada dasarnya jaringan komputer memiliki peran dalam komunikasi antar data . pada jaringan komputer tentu saja terkoneksi dengan jaringan internet . didalam jaringan internet agar dapat berkomunikasi dengan bahasa pemrograma kita mengenal socket programming. Socket Programming adalah  pemrograman yang bertujuan agar satu program bisa berinteraksi dengan program lainnya dalam satu jaringan, biasa disebut juga dengan pemrograman jaringan. contohnya seperti C, Java, Phython.

2.3.2 Database
Secara dasar database atau basis data merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi data.pemograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. pemrograman dahulu berbentuk object-oriented, saat ini pemrograman memakai object database program akan menyimpan objek dalam database dan memastikan bahwa database yang sama menggunakan jenis sistem sebagai aplikasi program .Contoh  DBC (Java ODBC, Python).

2.3.3 Internet Of Things

Merupakan  Sebuah konsep/skenario dimana suatu objek  yang  memiliki  kemampuan  untuk  mentransfer  data  melalui  jaringan  tanpa  memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Munculnya Internet Of things akibat dari perkembangan infrastruktur internet di mana  bukan  hanya  smartphone  atau  komputer  saja  yang  dapat  terkoneksi  dengan  internet. Namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet. Sebagai contohnya dapat berupa : mesin produksi, mobil, peralatan elektronik, peralatan yang dapat dikenakan manusia (wearables), dan termasuk benda nyata apa saja yang semuanya tersambung ke  jaringan lokal dan global menggunakan sensor dan atau aktuator yang tertanam. 

2.3.4 Cloud Computing 
Komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan layanan jasa teknologi informasi yang menyediakan perangkat atau infrastruktur melalui koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Penyedian jasa layanan cloud computing seperti goole, microsoft computing  dan sales force.

2.3.5 Intelligent Transfortation System (ITS). 
Penerapan teknologi maju di bidang elektronika, komputer dan telekomunikasi yang dipadu dengan prinsip manajemen strategi untuk meningkatkan fungsi transportasi secara keseluruhan. Sistem ini mampu memberikan informasi kepada pemilik barang atau penumpang serta operator angkutan sedemikian sehingga proses transportasi dapat berjalan secara efektif dan efisien. 

Beberapa contoh aplikasi ITS yang telah terbukti mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi transportasi adalah transit system, vehicle/ fleet management system, emergency and security sytem, electronic payment, traffic management sytem dan lain-lain.

2.3.6 Parralel Computing contohnya bahasa C
Parallel Computing yaitu penyatuan beberapa komputer atau server menjadi satu kesatuan sehingga dapat mengerjakan proses secara bersamaan. Parallel computing membuat program maupun proses berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Pada dasarnya parallel Computing menggunakan media jaringan, tapi yang menjadi ciri khususnya adalah bagaimana menyelesaikan masalah.

2.3.7 Bio Informatika, E-Health
Bioinformatika merupakan kajian yang memadukan disiplin biologi molekul, matematika dan teknik informasi (TI). Ilmu ini didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi molekul. sedangkan E-health adalah e-commerce versi kesehatan: yaitu pemanfaatan bisnis  kesehatan secara elektronik.E-health adalah kombinasi dari pemanfaataan komunikasi elektronik dan teknologi informasi pada bidang kesehatan, baik di tempat sendiri (lokal) maupun di klinik yang jauh, untuk tujuan klinik, pengajaran dan administratif.

2.4 Tips Pemrograman 
Di Dalam ingin membuat suatu program kita harus memahami prosedur atau langkah langkah dalam menentukan tindakan dalam mengeksekusi suatu bahasa pemrograman .

2.4.1 Pahami Algoritma
Dasar sebelum ingin membuat suatu program adalah Pahami algoritma. Kita harus mementukan alur spesifik dari program yang ingin kita buat, Apabila dalam penulisan algoritma salah maka untuk ke proses selanjutnya akan tidak benar , oleh karena itu penulis algoritma memiliki peran penting agar program tersebut dapat di eksekusi.

2.4.2 Kuasai Syntaks 
Setelah kita paham betul tentang algoritma selanjutnya kita penguasain syntaks sesuai dengan bahasa yang kita gunakan. Kita harus teliti dalam menulis syntak agar tidak terjadi eror dalam eksekusi program 

2.4.3 Pahami model pemrograman (struktural/object oriented)
Pahami alur program yang ingin kita buat sebelumnya kita haru memahami model pemrogram secara struktural atau obejct oriented

2.4.4 Berlatih
Kita harus sering berlatih dala memahami algoritma kuasai syntak agar kita dapat membuat program sesaui dengan keinginan kita tampa ada kesalahan atau error sedikitpun

2.4.5 Studi Kasus Sehari-hari
Kita harus menganalisi sebuah algoritma sehari hari setelah itu kita tentu awalnya menggunaaan syntaknya jalan programnya dan akhir programnya bagaimana

2.4.6  Aktif dalam Pengembangan (project, open source, github)
Jika kita aktif dalam berbagai yang berhubungan dengan bahasa pemrograman , mampu menguasai dalam membuat progarm maka  kita dapat memperluas wawasan kita tentang pemrograman, kita barus iktu serta aktif dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman, misalnya dalam hal pengembangan project sederhana.

2.5 Security
Didalam suatu kebutuhan keamanan itu penting bukan hanya komputer kita yang berbalut dengan keamanan tetapi dalam bahasa pemrograman terdapat keamanan dimana secara umumnya keamaan tersebut berfungsi agar program yang kita buat itu dapat di eksekusi tampa ada erorr.

2.5.1 Kesalahan Algoritma 

Pembuatan algoritma merupaka awal dari membuat suatu program apabila kita tidak paham betul menggunakan algoritma ,maka akan terjadi kesalahan yang membuat program tersebut tidak dapat dieksekusi.

2.5.2 Buffer Overflow 

Buffer overflow merupakan serangan yang dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan pada program yang dibuat yaitu memiliki celah untuk dimodifikasi. Serangan buffer overflow sendiri terjadi karena penyerang melakukan input yang berlebihan pada program yang dijalankan sehingga program mengalami kelebihan muatan . Buffer overflow mampu terjadi karena adanya celah kelemahan pada pemrograman terutama pada bahasa pemrograman C dan C++.

2.6 Tingkat Pemrograman 

Berdasarkan tingkat bahasa pemrograman dibedakan menjadi dua yaitu ;

2.6.1 Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language )

Untuk Bahasa ini dirancang agar setiap intruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tampa harus melalui penerjemah(translator). bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, dan relatif sulit dipahami oleh manusia, namun hanya dipahami oleh mesin (komputer). Yang termasuk bahasa tingkat rendah yaitu bahasa assembly . Bahasa mesin adalah ssekumpulan kode biner (0 dan 1).

2.6.2 Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)

Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah dipahami  atau lebih manusiawi karena secara sintaks dan notasi lebih dekat ke bahasa manusi (bahasa inggris terutama). Bahasa tingkat tinggi tidak langsung dapat dilaksanakan oleh komputer melaikan diterjemah dulu oleh translator atau disebut compiler. Contoh bahasa tingkat tinggi misalnya Pascal, C, C++, Cobol, Basic, Java, dll.


Daftar Pustaka ; 
[1] Buku Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa pascal, C, dan C++ edisi keenam.
[2] ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2
http://nazaruddin.blog.unigha.ac.id/wp-content/uploads/sites/3/03.-PEMROGRAMAN-           MODULAR.pdf
[3] Pengantar Cloud Computing
http://smuet.lecture.ub.ac.id/files/2012/06/E-Book-Pengantar-Cloud-Computing-R1.pdf
[4] STUDI PENERAPAN INTELLIGENT TRANSPORTATION SYSTEM(ITS)
ejournal.unpatti.ac.id/ppr_iteminfo_lnk.php?id=114

3 komentar


EmoticonEmoticon